Recent Posts

Friday, July 5, 2019

Pulau Karimun Jawa

    Welcome to my Blog, kali ini saya akan membuat artikel tentang alam indonesia lagi yaitu Pulau Karimun Jawa.

Sumber : Hipwee Community

    Karimun Jawa adalah Kepulauan di jawa yang termasuk kedalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Sejak tanggal 15 maret 2001 Pulau Karimun Jawa ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintahan Jepara. Karimun Jawa banyak digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya yang mempesona.
    Karimun Jawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir lebih dari 400 spesies biota laut diantaranya 242 adalah jenis ikan hias. Juga terdapat beberapa fauna langka di pulau ini, yaitu elang laut dada putih, penyu sisik dan penyu hijau.

Sumber : Wikipedia

    Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Karimun Jawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah Sunan Muria prihatin terhadap anaknya yaitu Amir Hasan, bermaksud untuk mendidik Sunan Muria memerintahkan anaknya pergi ke suatu pulau yang nampak "kremun kremun" dari bahasa jawa yang artinya "kabur" dari puncak gunung Muria untuk memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Dari nampak "kremun kremun" itulah akhirnya di beri nama pulau Karimun.
    Transportasi yang digunakan untuk ke pulau ini umumnya dari Semarang dan Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas semarang, Kapal Kartini 1 (kapal cepat) berangkat setiap hari Sabtu Pukul 9 pagi ke Karimun Jawa dan kembali dari Karimun Jawa minggu Siang, lama perjalanannya 2-3 jam. Sementara dari Pelabuhan Pantai Kartini Jepara, terdapat kapal  Muria yang berangkatnya dua hari sekali, lama penyebrangan dari kapal ekonomi ini adalah sekitar ±6 jam pelayaran. Perlu diperhatikan juga jadwal pelayaran kapal ini, biasanya berangkat dari Pelabuhan Pantai Kartini menuju ke Karimun Jawa setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu pukul 9 pagi dan dari Karimun Jawa ke pelabuhan Pantai Kartini ini setiap hari Rabu, Jum'at, minggu pukul 8 pagi.

Itulah sekilas gambaran tentang Pulau Karimun Jawa yang singkat. Jika ada kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan, sekian dan terima kasih...

Jangan lupa kritik dan sarannya

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar