Recent Posts

Friday, July 12, 2019

Gunung Rinjani

Read in English Version In here

Halo semua , kali ini saya akan membuat artikel lagi nih tentang keindahan alam yang ada di indonesia yaitu Gunung Rinjani. Bukan hanya keindahan laut dan pantainya aja yang ada di indonesia tapi juga gunungnya. salah satunya adalah gunung Rinjani ini. Tanpa basa basi lagi mari kita mulai mengulas tentang gunung ini...


    Gunung Rinjani berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini adalah gunung tertinggi kedua di indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl dan merupakan gunung favorit bagi pendaki karena keindahan alamnya. Gunung Rinjani merupakan gunung yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

    Dengan titik yang tertinggi di gunung Rinjani ini (3.726 mdpl) mendominasikan kita untuk melihat sebagian besar pemandangan pulau lombok bagian utara. Di sebelah barat kerucut Gunung Rinjani terdapat kaldera yang memiliki luas 3.500 m X 4.800 m, memanjang ke arah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Danau dengan luas 11.000.000 m persegi dan berkedalaman 230 m, air yang mengalir dari danau ini membentuk sebuah air terjun yang sangat indah melewati jurang yang curam. Di danau ini terdapat banyak ikan Mas dan Mujair yang menjadikannya ramai digunakan untuk memancing.

    Di sebelah timur Kaldera terdapat Gunung Baru (Gunung Barujari) yang memiliki kawah yang berukuran 170 m X 200 m dengan ketinggian 2296-2376 mdpl. Gunung kecil ini terakhir meletus pada 25 oktober 2015 dan 3 november 2015, setelah sebelumnya meletus pada mei 2009 dan 2004. Letusan pada tahun 2004 memang tidak memakan korban jiwa, namun pada letusan tahun 2009 tercatat telah memakan korban jiwa tidak langsung sebanyak 30 jiwa karena banjir bandang pada kokok (Sungai) tenggek akibat desakan lava ke sungai. Sebelumnya Gunung Barujari ini pernah meletus pada tahun 1944, 1966 dan 1994.

    Gunung Rinjani juga merupakan gunung Vulkanik yang masih aktif, meskipun begitu puncak Gunung Rinjani masih menjadi favorit bagi sebagian besar Petualang dan Pecinta Alam. Mencapai sebuah puncak Gunung Rinjani Adalah merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kita. Ini dibuktikan dengan adanya Animo komunitas para pecinta alam seluruh nusantara bahkan dari Mancanegara dalam pendakian yang cukup besar dan setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan. Pendakian besar besaran dilakukan pada juli s/d agustus dan pada pertengahan bulan Agustus kebanyakan didominasi oleh mahasiswa dan pelajar dari seluruh indonesia untuk merayakan HUT RI kemerdekaan republik indonesia di puncak Gunung Rinjani.

Sekian dan terima kasih, jida ada salah penulisan mohon maaf dan sampai jumpa lagi ...

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar