Recent Posts

Tuesday, July 2, 2019

Kepulauan Raja Ampat

Hallo semua , kali ini saya akan membuat artikel nih yaitu tentang Kepulauan Raja Ampat


    Raja ampat merupakan surga dunia laut bagi Indonesia, keindahan alamnya sangat memukau. Biota laut yang unik dengan masyarakatnya yang sangat ramah menjadikannya tempat yang cocok untuk liburan terutama yang menyukai wisata laut.

    Kepulauan Raja Ampat Merupakan Rangkaian 4 gugusan dari pulau pulau yang berdekatan yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik dengan keindahan bawah lautnya.


    Asal mula Raja Ampat menurut Mitos Masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan 7 telur. Empat butir diantaranya menetas menjadi beberapa pangeran yang berpisah dan masing masing menjadi raja di waigeo, salawati, misool timur dan misool barat. Tiga butir telur lainnya menjadi wanita, hantu dan sebuah batu. Dalam perjalanan sejarah, wilayah raja ampat telah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan yang menerapkan sistem adat maluku. Dalam sistem ini masyarakat sekumpulan manusia, tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Semenjak berdirinya kesultanan muslim di Maluku Raja Ampat ini menjadi bagian yang di klaim kesultanan tidore. Setelah kesultanan tidore takluk pada belanda berikutnya Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia Belanda.
    Masyarakat Kepulauan Raja Ampat umumnya Nelayan Tradisional yang berdiam di kampung kampung kecil yang letaknya berjauhan dan berbeda Pulau. Mereka adalah masyarakat yang mau menerima tamu dari luar apalagi kalau kita membawa oleh oleh berupa pinang atau permen untuk mereka. Mereka adalah pemeluk Islam dan Kristen, namun tak jarang dalam satu keluarga atau marga terdapat salah satu pemeluk dari dua agama tersebut. Ini menjadikannya tetap rukun meskipun berbeda beda agama.


    Kepulauan Raja Ampat sangat berpotensi sebagai objek wisata, terutama bagi para penyelam. Bahkan Kepulauan Raja Ampat ini merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untul Diving Site di seluruh dunia. 
    Ada beberapa kawasan terumbu karang di Kepulauan Raja Ampat ini yang masih sangat baik kondisinya dengan presentase penutupan terumbu karang hidup hingga 90%, yaitu Selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag. Tipe terumbu karang Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. 
    Spesies laut yang dapat kita temui di Kepulauan Raja Ampat adalah beberapa jenis Kuda Laut Katai, Wobbegong dan ikan Pari Manta. Dan juga Ikan endemik Raja Ampat yaitu Eviota Raja, sejenis ikan Gobbie.

Itulah sedikit artikel mengenai Kepulauan Raja Ampat, jika ada kesalahan dalam pengetikan mohon maaf. Sekian dan Terimakasih. 

Jangan lupa tinggalkan Jejak !

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar