Recent Posts

Monday, July 29, 2019

Ketahuilah Sejarah Tentang Musik di Dunia ini

Tahukah kalian tentang sejarah musik dan Bagaimana perkembangannya ? Banyak sekali orang yang suka dengan musik, akan tetapi sangat jarang kita temui orang yang mengerti sejarah tentang musik ituJadi, mari kita mengenal musik lebih dalam lagi. Kalian suka musik ? Maka kita juga harus mengetahui Sejarahnya...


Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa hingga mengandung irama, lagu nada dan keharmonisan terutama dari suara yang di hasilkan oleh alat alat yang dapat menghasilkan sebuah irama yang menakjubkan. Musik adalah fenomena yang sangat unik dihasilkan dari beberapa alat musik, mendengarkan musik adalah sebuah hiburan .

Musik ada sejak kehadiran manusia modern Homo Sapiens, yaitu sekitar 180.000 sampai 100.000 tahun yang lalu. Tidak ada yang tau kapan musik itu ditemukan oleh manusia. Dari penemuan arkeologi pada lokasi lokasi seperti benua Afrika pada sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu telah ada perubahan evolusi pada otak manusia. Dengan otak yang lebih pintar dari hewan, manusia mampu berburu hewan besar dengan lebih terarah, manusia mampu berfikir hingga di luar nalar menggunakan imajinasi dan spiritual. Bahasa berkomunikasi telah terbentuk diantra manusia, dari Bahasa dan ucapan yang sederhana untuk memberi tanda bahaya juga menamai hewan hewan. Perlahan beberapa kosa kata muncul untuk menamakan benda benda dan memberikan nama panggilan untuk seseorang.

 Dalam kehidupan dengan berpindah pindah, manusia purba mendapatkan inspirasi dari tulang kaki dari hewan yang di burunya untuk dimakan dan ditiup hingga mengeluarkan bunyi. Ada juga yang terinspirasi dari suara alam yang meniup rongga rongga kayu dan bambu hingga mengeluarkan bunyi. Kayu yang dibentuk lubang tiup dan menjadi seruling purba.

Manusia menyatakan rasa takut dan gembira dengan menggunakan suara suara. Bermain dengan suara menciptakan lagu, hymne, atau syair syair kecil yang terinspirasi oleh kicauan burung. Kayu kayu dan batu batuan yang di pukul mengeluarkan bunyi dan irama yang mengasikkan. Mungkin secara tidak sengaja manusia mengetuk pohon yang berongga didalamnya dengan batang kayu yang mengeluarkan bunyi keras. Kulit binatang yang biasanya digunakan sebagai pakaian diletakkan sebagai penutup rongga kayu yang besar sehingga terciptalah sebuah Gendang.

Dalam teori Pra Sejarah musik hanya didasarkan pada temuan arkeologi paleolitik. Seruling merupakan alat musik yang banyak diutamakan pada Zaman Pra Sejarah, salah satunya yang berbentuk shakuhachi yang berasal dari Jepang. Ada seruling Divje Babe yang terbuat dari tulang paha Beruang Gua. Yang diperkirakan digunakan sekitar 40.000 tahun yang lalu. Beberapa jenis seruling dan alat musik lainnya yang terbuat dari dawai atau senar telah ada pada zaman peradaban lembah sungai indus, india yang memiliki salah satu tradisi musik tertua di dunia berasal dari kitab weda. Penemuan alat musik pra sejarah terbesar dan tertua didunia terdapat di Cina, yang bisa dilacak balik ke antara 7000 sampai dengan 6000 tahun SM. Lagu lagu Hurri adalah kumpulan musik tertulis dalam tulisan kuno yang digali dari Hurrian di Kota Ugarit yang diperkirakan telah ada sekitar 1400 tahun SM.

Dari kesimpulan kesimpulan diatas sudah dipastikan bahwa Musik ada pada beberapa ribu tahun yang lalu atau bisa di sebut pada saat nenek moyang kita masih hidup...

Itulah artikel singkat tentang sejarah Musik, lestarikan Musik kita, ketahui sejarahnya dan nikmati musiknya...

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar